Ibadah-ibadah yang Bisa Dilakukan Perempuan Saat Menstruasi

- Rabu, 30 Juni 2021 | 16:35 WIB
Ilustrasi perempuan yang masih bisa beribadah meski sedang haid. (Ayobandung.com/Kavin Faza)
Ilustrasi perempuan yang masih bisa beribadah meski sedang haid. (Ayobandung.com/Kavin Faza)

BUKIT KECIL, AYOPALEMBANG.COM -- Ibadah-ibadah apa saja yang bisa dilakukan perempuan saat sedang haid atau datang bulan? Ibadah merupakan hal yang wajib dilakukan seorang muslimah.

Dalam surat Al-Hijr ayat 99, Allah SWT bersabda, "Beribadahlah kepada Tuhanmu sampai datang kepadamu Al-Yaqin." Ulama-ulama tafsir sepakat makna Al-Yaqin ini adalah kematian.

Namun, seperti diketahui, muslimah yang sedang mengalami haid atau datang bulan tidak diperbolehkan menjalankan beberapa ibadah seperti halat, berpuasa, menyentuh mushaf atau Alquran, dan thawaf di Kakbah.

Meski demikian masih ada beberapa amalan yang bisa dilakukan oleh muslimah yang sedang haid untuk menegakkan ibadah dan dekat dengan Sang Pencipta. Berikut ulasannya, dirangkum dari Republika.

1. Membaca Alquran tanpa menyentuh lembarannya

Seorang muslimah bisa membaca dengan menggunakan perantara agar tidak menyentuh mushaf atau dengan menggunakan aplikasi yang tersedia pada gawai. Cara lain, muslimah bisa mengikuti bacaan Alquran yang telah direkam sebelumnya dan diunggah di beberapa media sosial.

2. Berzikir

Ada banyak zikir yang bisa dilakukan seorang muslimah yang sedang haid. Beberapa yang bisa dilakukan adalah ucapan tasbih, tahmid, takbir, dan tahlil. Dan yang paling mudah dan bisa dilakukan adalah membiasakan diri membaca Subhanallah 33 kali, Alhamdulillah 33 kali, dan Allahuakbar 33 kali yang selalu dibaca seusai shalat.

3. Mengamalkan doa-doa harian Al-Mathurat

Al-Mathurat adalah himpunan wirid dan doa harian yang diamalkan oleh Rasulullah SAW.

4. Beristighfar dan bertaubat

Dengan beristighfar, seorang umat telah mengoreksi diri dari tindakan-tindakan buruk yang dilakukan sebelumnya dan mengingat kekurangan yang dimiliki.

Ada banyak kelebihan istighfar yang dilakukan oleh seorang hamba. Disebut oleh Ibni Abbas, Rasul bersabda, "Barangsiapa yang sentiasa beristighfar, maka Allah akan memberikan kegembiraan dari setiap kesedihannya, dan kelapangan bagi setiap kesempitannya, dan memberi rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka."

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Terkini

Bijaklah Saat Bermedia Sosial, Jangan Julid!

Minggu, 12 September 2021 | 09:04 WIB

Begini Cara Mengatasi Phishing dan Scamming

Jumat, 10 September 2021 | 09:11 WIB

Syarat Sah dan Rukun Kurban Idul Adha 2021

Jumat, 16 Juli 2021 | 16:55 WIB

Viral, Sopir Truk di Palembang Dipalak Rp150.000

Senin, 12 Juli 2021 | 09:51 WIB

Terpopuler

X