Kenali Bentuk-bentuk Cyberbully, Begini Cara Mencegah dan Menghadapinya

- Jumat, 17 September 2021 | 14:07 WIB
Ilustrasi bullying.(pixabay)
Ilustrasi bullying.(pixabay)

 

BANDUNG -- Perundungan atau menghina seseorang di dunia maya yang saat ini lebih dikenal dengan istilah cyberbully merupakan aktivitas yang buruk. Selain bisa menyebabkan depresi pada korban cyberbully, perilaku tersebut juga berdampak negatif bagi pelaku.

Cyberbully harus dihindari sejak dini. Namun banyak orang yang tidak sadar akan perilaku perundungan. Bahkan di antara masyarakat, masih ada yang menganggap cyberbully sebagai sesuatu yang wajar.

Namun jangan salah, perundungan tipe ini justeru paling banyak dijerat hukum. Lantaran bukti cyberbully sangat mudah didapat melalui rekam jejak di dunia internet. 

Pelaku perundungan dengan tipe ini juga dapat dijerat dengan UU ITE dan pencemaran nama baik. Seperti kasus pelaporan hatters yang banyak dilakukan oleh para aktris akhir-akhir ini. 

Bentuk Cyberbully

Bentuk cyberbully sendiri bermacam-macam. Berikut adala macam-macam bentuk perundungan digital yang harus dihindari:

1. Cyberbully terhadap fisik 

Cyberbully secara verbal ini tak kasat mata, namun dampaknya sangat bisa dirasakan oleh hati. Contoh umumnya adalah menghina, mengejek, mencela, sampai meneror.

Cyberbully biasanya berbentuk kekerasan verbal yang disampaikan lewat media sosial. Kebanyakan Cyberbully yang menyinggung fisik dilakukan dengan mengejek tubuh seseorang atau body shaming. 

2. Cyberbully berunsur SARA, dan Seksual

Bentuk hinaan pun bukan sekedar fisik, tapi bisa berkaitan dengan hal-hal seputar SARA, etnis, status ekonomi, hingga orientasi seksual. Maka itu hati-hati saat berkomentar soal keyakinan dan gender seseorang. 

3. Cyberbully secara sosial

Gosip atau rumor yang menyudutkan seseorang bisa masuk dalam kategori cyberbully sosial. Pasalnya hal tersebut dapat menyebabkan seseorang dijauhi oleh kelompok sosialnya.

Maka itu, jika kamu mendengar rumor atau gosip tentang seseorang, lebih baik jangan didengar apalagi disebarkan. Salah-salah, kamu malah bisa melakukan tindakan cyberbully yang bisa merugikan orang lain.

Halaman:

Editor: Adi Ginanjar Maulana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bijaklah Saat Bermedia Sosial, Jangan Julid!

Minggu, 12 September 2021 | 09:04 WIB

Begini Cara Mengatasi Phishing dan Scamming

Jumat, 10 September 2021 | 09:11 WIB

Syarat Sah dan Rukun Kurban Idul Adha 2021

Jumat, 16 Juli 2021 | 16:55 WIB

Viral, Sopir Truk di Palembang Dipalak Rp150.000

Senin, 12 Juli 2021 | 09:51 WIB

Terpopuler

X